Jumlah Gaji Tentara di Negara ini Bikin Kamu Langsung Jadi Sultan, Indonesia Kalah Jauh

Berapa gajimu di tempat bekerja? Besaran gaji memang tergantung posisi. Semakin tinggi posisi, semakin besar jumlah gaji yang diterima. Gaji minimum standarnya biasanya merujuk pada upah minimum yang tiap provinsi acapkali beda besaran. Yang pasti, kalau sudah level manager, gajinya bisa fantastis. Bisa mencapai puluhan juta rupiah tiap bulannya.

Nah, bagaimana dengan gaji tentara? Profesi tentara bisa dikatakan adalah profesi yang sarat resiko. Masuknya berat. Tugasnya pun tidak kalah berat. Mempertaruhkan nyawa demi keutuhan negara. Apalagi kalau sudah dihadapkan pada konflik. Nyawa benar-benar taruhannya.

Untuk konteks Tentara Nasional Indonesia (TNI), para prajurit akan menerima gaji dalam beberapa kasus, yaitu gaji pokok TNI dan tunjangan-tunjangan yang melekat pada gaji bulanan. Lalu tunjangan kinerja TNI atau disebut remunerasi TNI. Sebagai gambaran, gaji untuk golongan I atau tamtama, untuk prajurit dua, gajinya sekitar Rp. 1.565.200. Sementara untuk pajurit Satu (Pratu), gaji pokoknya sekitar Rp. 1.614.400. Makin tinggi pangkatnya, makin besar pula gaji pokok yang diterima. Misal

Prajurit Kepala (Praka), gaji pokoknya sekitar Rp. 1.664.600. Lalu sebesar apa gaji untuk golongan II Bintara? Gaji pokok Sersan Dua (Serda) sekitar Rp. 2.003.300. Sersan Satu (Sertu) gaji pokoknya sekitar Rp. 2.065.900. Sersan Kepala (Serka) sekitar Rp. 2.130.500 dan Sersan Mayor (Serma) sekitar Rp. 2.197.100. Begitulah gambarannya. Mungkin sekarang sudah berubah. Itu data tahun 2017.

Tapi kamu pasti tak percaya dengan gaji tentara di negara ini. Di negara ini, gaji untuk level sersan saja, jumlahnya fantastis. Berkali lipat besarnya dibandingkan dengan Indonesia. Negara yang dimaksud adalah Inggris. Dikutip dari situs Dream.co.id, Inggris adalah salah satu negara yang menghargai betul profesi tentara. Bisa dikatakan 'memanjakan'.

Bagaimana tidak, di negeri Ratu Elizabeth ini, untuk pangkat sersan saja tentara di Inggris mendapatkan penghasilan Rp 720 juta per tahun. Atau kalau dirinci per bulan, sekitar Rp 60 juta. Tentu makin tinggi pangkatnya, penghasil yang diterima juga semakin besar. Kalau begitu berapa ya gaji jenderalnya...?

Referensi :
dream.co.id/dinar/deretan-negara-yang-bayar-mahal-tentaranya-171005b.html
Baca sumber